Strategi pasar yang menginformasikan sekaligus menawarkan produk maupun jasa yang dijual merupakan pengertian dari promosi, tujuan dari promosi tak lain hanya seperlu menarik calon konsumen sampai berkenan untuk membeli atau berlangganan. Dalam ber promosi dapat memilih banyak media salah satu diantaranya adalah kaos.
Kaos adalah termasuk pakaian sehari hari yang memiliki berbagai model, karenanya pemakai kaos untuk produk promosi sekirannya yang disukai banyak orang. Minimal sih baju santai untuk sehari hari, adapun beberapa kaos yang bisa digunakan untuk promosi dari bahan bahan tertentu sebagai berikut :
- Cotton combed
Dari segi kualitas dan kenyamanan bahan ini bisa dibilang bahan yang terbaik untuk kaos promosi, namun harga bahan ini dibadrol dengan harga yang cukup tinggi. Sehingga jika ingin menggunakan bahan ini harus menyiapkan dana sedikit banyak, tetapi mengingat kaos promosi sama dengan halnya investasi jadi sekiranya tidak akan masalah bila harus memilih jenis bahan ini. Cotton combed dibedakan berdasarkan ketebalan kain mulai dari 20s, 24s, 30s dan 40s, varian 20s ini memiliki ketebalan paling tebal, sementara 40s paling tipis, untuk kaos promosi disarankan menggunakan varian bahan cotton combed 20s karena cukup tebal dan nyaman.
- Cotton carded
Dari segi nama dan bahan ini mirip dengan cotton combed, namun bedanya terdapat system pemilahan benang melalui proses garuk atau carding. Proses ini mengahsilkan serat kapas yang tidak selembut cotton combed dan dari segi harga wajar jika dibadrol lebih murah, dan apabila dana terbatas maka bahan ini bisa dijadikan pertimbangan sebagai produk promosi.
- Polyester
Bahan yang dikenal dengan sebutan PE ini atau polyester memiliki kualitas lebih bawah dengan kain katun, bahan ini sering dijumpai digunakan sebagai media promosi karena harga lebih relative murah, tentunya harga murah bukan kualitas murahan. Dan bahan polyester ini tidak gampang kusut, mudah kering dan tidak menyusut meski sering dicuci. Untuk variannya sendiri dibedakan PE double dan single, varian bahan PE double ini lebih tebal 2 kali lipat dibandingkan PE single. Bahan PE double memiliki serat luar dan serat dalam yang dibilang begitu sama. Jika ingin membuat kaos promosi dalam jumlah banyak dengan budget yang sangat terbatas, bisa disarankan menggunakan bahan PE single yang tipis karena terjangkau.
- Teteron cotton
Bahan kaos yang cocok untuk kaos promosi ialah teteron cotton atau biasa disebut TC. Bahan ini memiliki daya serap yang bagus karena terbuat dari campuran 65% polyester teteron dan 35% cotton, walaupun tidak sebagus cotton combed. Pertimbangan harga dan kualitas yang pas untuk media promosi jauh lebih hemat dibandingkan dengan bahan katun asli. Ada pula beberapa varian yang bisa dipilih seperti TC 28s yang ketebalannya sama seperti cotton combed 30s.
Tips agar kaos promosi lebih menarik :
- Tema
Sebelum memproduksi kaos promosi, pastikan wajib menentukan tema. Kaos tidak harus selalu menampilkan logo perusahaan karena banyak dari yang dipesan ketika perusahaan mengadakan event seperti family gathering atau sedang mempersipakan untuk kaos promosi produk baru. Untuk membuat desain bisa menggunakan desain yang sesuai dengan event perusahaan.
- Logo
Hal lain penting yang perlu diperhatikan adalah logo perusahaan, terutama pada detailnya termasuk lambang, garis, warna dan tulisan. Dipastikan jangan sampai ada yang salah karena logo merupakan identitas resmi perusahaan.
- Warna kaos
Pemilihan warna kaos juga amat penting, memilih warna kaos yang tidak bertabrakan dengan desain dan logo yang dibuat. Sehingga desain tetap terlihat.
- Bahan kaos
Yang terakhir ini juga mempengaruhi kenyamanan pemakainya, pemilihan bahan kaos yang sesuai dengan kebutuhan dan warna.