Jenis Jarum Jahit Manual Atau Jarum Jahit Tangan Yang Bisa Kamu Temukan Di Jasa Konveksi Amanah Garment

Jarum jahit memiliki berbagai jenis, selain jarum mesin juga memiliki jarum jahit tangan. Yang nantinya akan diguanakn untuk menjahit pakaian di pabrik konveksi maupun Amanah garment. Jarum jahit memiliki rancangan yang berbeda-beda. Bertujuan agar penggunanya lebih mudah saat menggunakan. Inilah jenis jarum jahit yang digunakan untuk menjahit menggunakan tangan seperti:

  • Jarum crewel

Jenis ini sering dikenal dengan jarum bordir atau embroidery. Bentuk jarum ini memiliki mata oval Panjang yang dirancang untuk mengambil sejumlah untaian benang bordir yang lebih tebal.

  • Jarum sharp

Jarum ini salah satu jenis yang disediakan di Amanah garment. Memiliki bentuk kepala berlubang guna untuk memasukan benang dan bagian ujung yang tajam. Memiliki ukuran dari nomor 1-12 namun yang sering digunakan nomor 6-9.

  • Jarum quilting

Jarum ini mempunyai kegunaan hampir sama dengan jenis jarum milliner. Yang membedakan adalah jarum quilting lebih pendek dan mata bulat kecil. Tidak heran jika beberap perajut lebih suka menggunakan jenis jarum ini.

  • Jarum millinery atau jarum straw

Jarum ini jauh lebih cocok digunakan untuk kegiatan merajut yang memiliki rancangan dengan bentuk tipis dan Panjang. Dengan menggunakan lubang yang memiliki ketebalan sama serta bagian kepala dan ujungnya tajam. Ukuran yang sering digunakan adalah nomor 8 dan 9.

  • Jarum darner

Memiliki karakteristik tebal serta Panjang kaena di rancang untuk benang yang tebal atau benang wol. Yang sering diguankan untuk kegiatan menyulam.

  • Jarum beading

Yang sering dikenal dengan jarum manik-manik dengan ukuran yang Panjang dan tipis serta kepala kecil. Sehingga akan mempermudah pemasangan manik-manik. Namun permukaan jenis jarum ini tipis sehingga membuatnya sangat rentan dan mudah patah.  Jadi lebih baik simpan dengan cara dibungkus.

  • Chenille

Jarum dengan kepala besar dan lubang yang Panjang serta lebar ini akan memudahkan penjahit dalam menampung beberapa helai kain. Memiliki ukuran jarum 18-24.

Selain Jarum Tangan Juga Terdapat Berbagain Jenis Jarum Mesin Yang Bisa Kamu Temukan Di Jasa Konveksi

Jarum mesin jahit dirancang khusus untuk bisa digunakan dengan konstruksi yang ada pada mesin jahit. Memiliki karakteristik dan jenis bahan yang akan dijahit. Berikut ini beberapa jenis jarum mesin jahit beserta fungsinya:

1. Jarum mesin jahit khusus leather

Jarum ini digunakan khusus untuk menjahit bahan jenis kulit, kulit imitasi, dan heavy non-woven synthetics. Yang didesain untuk dapat menembus bahan leather yang cenderung tebal.

2. Jarum mesin jahit khusus jersey

Jenis jarum mesin ini digunakan untuk menjahit bahan kaos khususnya kain jersey. Yang mempunyai karakter melar sehingga jarum ini dirancang pada ujungnya bulat. Hal ini bertujuan agar tidak merusak bahan jersey dan hasil jahitanya tidak loncat-loncat.

3. Jarum mesin jahit khusus denim

Jarum denim mempunyai ujung yang sangat tajam, mata ramping dan kuat biasa digunakan untuk menjahit bahan dari jeans atau denim. Memiliki 3 pilihan nomor yang digunakan sesuai ketebalan kain yang akan dijahit.

4. Jarum mesin jahit khusus stretch

Jarum ini hampir mirip dengan jarum untuk bahan jersey, namun digunakan untuk bahan yang lebih melar. Memiliki 2 nomor yaitu nomor 11 dan 14.

Itulah berbagai jenis jarum jahit tangan dan mesin yang biasa digunakan di pabrik konveksi. Meski kain yang digunakan tepat jika terdapat ketidakcocokan dalam penggunaan jarum maka kualitas jahitan akan berpengaruh. Jadi kamu harus memilih jarum jahit yang sesuai dan bagus. Pastinya di Amanah garment menggunakan jarus yang sesuai dan berkualitas. Jadi jangan ragu jika ingin memesan produk di sini.

Close