KENALI MACAM-MACAM MUSIM YANG ADA DI SELURUH DUNIA

Musim Semi di Jepang Telah Datang. Berikut Pertandanya! | WeXpats Guide

Musim atau cuaca yang terjadi di suatu wilayah akan berpengaruh kepada aktivitas dan kehidupan yang ada pada wilayah tersebut. Suhu atau cuaca yang sedang menjadi musim yang baik dan berpengaruh pula pada kehidupan disana. Yang mana biasanya pada musim-musim atau cuaca yang ekstrim kita akan lebih mudah sakit dan daya tahan tubuh menurun. Seperti halnya ketika perpindahan musim atau musim pancaroba. Dimana kita akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh dan menyesuaikan dengan perubahan musim yang terjadi. 

Berikut Ini Beberapa Jenis Musim Yang Ada Di Seluruh Dunia

Mungkin bagi kita masih ada yang merasa asing atau bahkan belum tahu mengenai jenis-jenis musim ini. Mengingat, tidak semua jenis musim ini terjadi di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara yang beriklim tropis. Dimana hanya memiliki dua jenis musim di sana. Yaitu musim hujan dan musim kemarau. Hal ini dikarenakan letak Geografis Indonesia. Dimana terletak pada wilayah khatulistiwa. Oleh karena itu, Indonesia hanya memiliki dua jenis musim saja. Untuk menambah pengetahuan dan mengetahui beberapa jenis musim di dunia. Langsung saja simak beberapa ulasan di bawah ini. Diantaranya :

  • Musim hujan

Musim hujan dikenal pada daerah yang beriklim tropis. Musim hujan ini ditandai dengan meningkatnya curah hujan yang lebih sering daripada waktu-waktu biasanya. Musim hujan juga terjadi secara tetap dalam beberapa kurun waktu. 

  • Musim kemarau

Terdapat musim hujan, pasti ada musim yang berbanding terbalik yaitu musim kemarau. Musim kemarau ini terjadi di daerah tropis yang ada di seluruh dunia. Yang mana bagian-bagian wilayah tropis tersebut selalu mengalami musim ini. Seperti Asia Selatan, Asia Tenggara, Afrika, dan beberapa wilayah lainnya. Musim kemarau atau yang sering dikenal dengan musim kering ini terjadi karena pengaruh sistem muson.  

  • Musim dingin

Saat yang paling dingin terjadi di bumi yaitu pada musim dingin atau yang sering dikenal dengan musim salju. Dimana salju ini menjadi sesuatu yang menarik ketika musim dingin. Musim salju ini hanya terjadi pada negara yang memiliki iklim sedang atau subtropis. 

  • Musim panas

Musim panas dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda pada setiap negara. Hal itu tergantung pada letak sebuah negara tersebut. Pada musim panas ini banyak orang yang menyukai aktivitas seperti berenang untuk menyegarkan badan. 

  • Musim gugur

Musim gugur ini terjadi karena berubahnya musim panas ke musim dingin. Musim ini terjadi pada negara yang subtropis seperti musim panas dan musim semi. Musim gugur ini ditandai dengan tumbuhan yang mulai menggugurkan daun-daunnya. Begitu pula beberapa hewan seperti tupai yang mulai mencari makanan untuk cadangan ketika musim dingin. 

  • Musim semi

Musim semi ini terjadi pada negara-negara yang beriklim nontropis. Dimana musim ini memiliki cuaca yang sangat ramah. Sehingga menjadi musim yang sangat nyaman setiap tahunnya. Musim semi ini akan terjadi sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni pada bumi bagian utara. Begitu sebaliknya, akan terjadi sekitar tanggal 23 September hingga 23 Desember pada bumi bagian selatan. 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis musim di dunia. Dengan begitu kita akan lebih tahu iklim di beberapa negara dengan jumlah musim di sana. Dengan perbedaan serta perubahan musim yang terjadi, akan memberikan manfaat tersendiri bagi kehidupan di wilayahnya. 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close