Tatacara Merawat Jaket Bomber Dengan Baik Dan Benar

merawat-jaket-bomber

Jaket bomber adalah jenis jaket pendek dengan pinggang elastis dan kerah berdiri, awalnya dirancang untuk perlindungan pilot pesawat militer. Kini menjadi item fashion populer dengan berbagai variasi bahan dan desain, sering digunakan dalam gaya casual dan streetwear untuk tampilan yang keren dan santai. Berikut tatacara merawat jaket bomber dengan baik dan benar : 

1. Pembersihan Sesuai Instruksi Label: 

Periksa instruksi perawatan yang tertera pada label jaket untuk mengetahui petunjuk pembersihan yang tepat. Setiap jaket mungkin memerlukan perawatan yang berbeda tergantung pada bahan dan konstruksinya.

2. Cuci Jaket Bomber Dengan Deterjen Yang Lembut

Cuci jaket bomber secara rutin agar jaket terhindar dari bau yang tidak sedap serta noda yang sulit dihilangkan. Cuci jaket bomber secara rutin dengan menggunakan deterjen yang lembut agar tidak merusak jaket bomber dan tidak membuat warnanya menjadi pudar.

3. Membersihkan Noda Secara Terpisah: 

Jika terdapat noda pada jaket, segera bersihkan dengan menggunakan deterjen atau pembersih yang direkomendasikan untuk bahan jaket tersebut. Hindari penggunaan pemutih atau deterjen yang keras yang dapat merusak bahan.

4. Pencucian Manual atau Mesin: 

Jika memungkinkan, cuci jaket bomber secara manual dengan menggunakan air dingin atau suam-suam kuku. Jika ingin menggunakan mesin cuci, pastikan untuk memilih siklus pencucian yang lembut dan gunakan deterjen yang cocok untuk bahan jaket. Cara ini termasuk kedalam cara merawat jaket bomber yang harus anda lakukan.

5. Hindari Pengeringan Panas: 

Hindari mengeringkan jaket bomber di pengering pakaian yang panas karena dapat merusak bahan dan memperpendek umur jaket. Sebaiknya, anda merawat jaket bomber milik anda dengan cara menjemur jaket secara alami dengan menggantungnya di tempat yang teduh dan memiliki ventilasi yang baik.

6. Hindari Penjemuran Jaket Bomber Terlalu Lama

Meskipun terlihat sepele namun, penjemuran jaket bomber tetap harus diperhatikan dengan benar. Hindari penjemuran jaket bomber di bawah sinar matahari langsung dan terlalu lama. Penjemuran di bawah sinar matahari langsung dan terlalu lama, dapat membuat jaket bomber menjadi kusam dan warnanya pun akan ikut memudar.

7. Pembersihan Spot: 

Untuk membersihkan spot kecil atau kotoran ringan, gunakan spons atau kain yang dibasahi dengan air dan deterjen ringan, lalu gosok secara lembut pada area yang kotor. Setelah itu, bersihkan dengan kain yang dibasahi air bersih.

8. Hindari Penggunaan Pemutih

Hindari penggunaan pemutih pada jaket bomber milik anda  agar kualitas dan serat pada jaket tidak mudah rusak, tahan lama, dan warna tidak cepat memudar. Jika anda mendapati ada beberapa noda yang susah hilang, sebaiknya nada menggunakan bahan-bahan tradisional seperti daun sirih atau bahan-bahan tradisional yang lainnya.

9. Hindari Penyimpanan yang Tidak Tepat: 

Simpan jaket bomber di tempat yang kering dan terlindungi dari sinar matahari langsung atau kelembaban berlebih. Hindari menggantung jaket di gantungan baju yang dapat menyebabkan bahan menjadi terdistorsi.

10. Perawatan Kulit (Jika Berlapis Kulit): 

Jika jaket bomber memiliki lapisan kulit, gunakan kondisioner kulit secara berkala untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Hindari menyimpan jaket kulit di tempat yang lembab atau terkena air secara berlebihan.

Demikian artikel mengenai tata cara merawat jaket bomber dengan baik dan benar yang harus anda lakukan. Tatacara diatas dapat membuat jaket bomber milik anda agar menjadi tahan lama dan warna pada jaket anda tidak mudah memudar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *