Cara Merawat Pakaian Berbordir yang Wajib Kamu Ketahui

pakaian-berbordir

Pakaian berbordir adalah karya seni yang cukup indah dan unik, tetapi merawatnya dengan benar adalah kunci untuk mempertahankan keindahannya selama mungkin. 

Bordir dapat terbuat dari berbagai jenis benang dan kain, sehingga perawatan yang tepat dapat bervariasi tergantung pada materialnya. Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi beberapa tips dan trik yang wajib diketahui untuk merawat pakaian berbordir agar tetap cantik dan awet.

1. Mencuci dengan Lembut

Satu-satunya cara untuk memastikan pakaian berbordir tetap bersih dan terawat adalah dengan mencuci pakaian berbordir secara teratur. Namun, anda harus sangat berhati-hati saat mencuci pakaian berbordir,  terutama jika bordirnya terbuat dari benang yang rapuh atau kain yang sensitif. 

Hindari mencuci pakaian berbordir dengan mesin cuci yang kasar atau menggunakan sikat yang keras, karena ini dapat merusak benang bordir dan mengikis warna kainnya. Sebaiknya, cucilah secara manual dengan tangan menggunakan air dingin dan deterjen yang lembut.

2. Gunakan Deterjen yang Tepat

Pemilihan deterjen yang tepat sangat penting untuk merawat pakaian berbordir dengan baik. Hindari deterjen yang menggunakan pemutih atau bahan kimia keras lainnya, karena ini dapat merusak warna dan tekstur benang bordir. Sebaliknya, pilihlah deterjen yang dirancang khusus untuk pakaian berbordir atau yang formulanya lembut dan ramah lingkungan.

3. Hindari Penggunaan Pengering

Penggunaan pengering pakaian dapat merusak bordir pada pakaian karena panas yang dihasilkan dapat menyebabkan benang-benang bordir dapat menjadi kaku dan mudah patah. Lebih baik anda menjemur pakaian berbordir secara alami dengan menjaga agar terkena sinar matahari namun tidak secara langsung.

4. Setrika dengan Cara Hati-hati

Jika anda perlu menyetrika pakaian berbordir, maka, lakukan dengan hati-hati. Gunakan suhu setrika yang rendah dan letakkan sehelai kain tipis di atas bordiran untuk menghindari langsungnya kontak panas setrika dengan benang bordir. Hindari menyetrika bagian bordiran karena, hal ini dapat merusak bentuk dan tekstur dari bordiran tersebut.

5. Perhatikan Label Perawatan (Bila Ada)

Sebaiknya anda selalu memperhatikan label perawatan pada pakaian, begitu juga pada pakaian berbordir. Perhatikan label perawatan pada pakaian berbordir milik anda untuk mengetahui instruksi perawatan yang dianjurkan oleh produsen. Setiap pakaian yang berbordir mungkin memiliki prosedur perawatan yang berbeda tergantung pada jenis kain dan jenis benang yang mereka gunakan dalam pembuatan pakaian berbordir tersebut.

6. Lakukan Penyimpanan yang Tepat dan Benar

Cara merawat pakaian berbordir yang selanjutnya adalah dengan menyimpannya dengan tepat dan benar. Simpan pakaian berbordir di tempat yang bersih, kering, dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Lipat dengan hati-hati untuk menghindari adanya lipatan yang berlebih yang dapat merusak bordir pada pakaian berbordir milik anda. 

Jika memungkinkan maka, gantung pakaian berbordir milik anda di gantungan baju yang sesuai agar tidak terlipat dan meninggalkan bekas.

Dengan mengikuti semua tips-tips mengenai cara merawat pakaian berbordir yang wajib anda ketahui di atas, maka, anda dapat merawat pakaian berbordir yang anda punya dengan baik sehingga tetap terlihat cantik dan awet dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. 

Ingatlah bahwa merawat pakaian berbordir sangat membutuhkan kesabaran yang cukup besar dan ekstra perhatian yang lebih. Namun, dengan demikian anda akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan usaha yang telah anda lakukan dalam melakukan perawatan pakaian berbordir yang anda punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *