Jenis Gamis Wanita Muslimah Yang Paling Sering Digunakan

jenis-gamis-wanita-muslimah

Gamis adalah pakaian terusan yang bagian atas dan bawahnya menyatu, dan tidak ada pembatas antara bagian atas dan bawah dari pakaian tersebut. Gamis pun memiliki bentuk, panjang, dan ukuran yang berbeda-beda. Gamis pada umumnya memiliki panjang yang sama dengan mata kaki atau lebih dari itu. Berikut jenis gamis wanita muslimah yang paling sering digunakan.

1. GAMIS SYAR’I

Gamis syar’i pada umumnya digunakan oleh para wanita muslimah dan memiliki fitur-fitur seperti lengan panjang, menutupi seluruh tubuh kecuali tangan dan wajah. Biasanya gamis ini juga memiliki potongan yang longgar untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan saat melakukan seluruh aktifitas.

2. GAMIS RUFFLE

Gamis ruffle adalah jenis gamis wanita muslimah yang paling sering digunakan, gamis ruffle ini dihiasi dengan aksen ruffle di beberapa bagian, yaitu di bagian lengan, ujung bawah gamis,leher, dan bagian depan.

3. GAMIS LENGAN LONCENG

Gamis lengan lonceng merupakan jenis gamis wanita muslimah yang mempunyai bentuk lengan mengembang, selain lengannya yang mengembang gamis ini juga mempunyai bentuk lengan seperti sebuah lonceng.

4. GAMIS CAPE

Gamis cape adalah gamis yang memiliki detail cukup unik, gamis ini dilengkapi dengan sebuah cape pada bagian atasnya yang membuat gamis tersebut memiliki kesan unik.

5. GAMIS IKAT

Gamis ikat adalah gamis yang modelnya terinspirasi dari model gamis biasa, bedanya, gamis ikat ini memiliki draperi di bagian sisi kanan dan kiri gamis.

6. GAMIS PEPLUM

Gamis peplum sebenarnya adalah gamis wanita yang memiliki model simpel, namun meskipun simpel gamis ini memiliki detail peplum yang sempurna. Dengan adanya desain peplum tadi gamis ini dapat menjadi lebih ramping dan jenjang pada penampilan orang yang menggunakannya.

7. GAMIS FULL KANCING

Gamis full kancing adalah gamis yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depan gamis tersebut. Gamis full kancing ini memang tidak jauh berbeda dengan blouse wanita , yang membedakan antara blouse dengan gamis full kancing hanyalah ukuran. Ukuran dari gamis full kancing ini sengaja dibuat lebih panjang daripada blouse wanita.

8. GAMIS LAYERING

Gamis layering merupakan gamis yang memiliki aksen model bertumpuk pada bagian badannya. Jika hanya diperhatikan sekilas, gamis ini hanya terlihat seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan gabungan dari kedua pakaian tersebut.

9. GAMIS BUSUI 

Gamis busui adalah gamis yang didesain untuk mempermudah para ibu yang sedang menyusui. Gamis ini memiliki model yang dilengkapi dengan fitur resleting atau bahkan kancing pada bagian bukaan depannya. Hal tersebut berfungsi untuk memudahkan para pemakainya saat ingin menyusui sang buah hati.

10. GAMIS SLIT

Gamis slit, seperti namanya gamis slit ini ditandai dengan adanya belahan, terkadang belahan ini hanya ada di satu sisi gamis, tapi ada juga belahan yang terdapat di kedua sisi dari gamis tersebut.

Agar aurat tetap tertutup dengan sempurna saat menggunakan gamis slit ini, sebaiknya gamis slit ini dipadukan dengan sebuah rok atau bisa juga dipadukan dengan sebuah legging.

Itulah beberapa macam jenis gamis wanita muslimah yang paling sering digunakan oleh para wanita di indonesia. Semoga artikel tersebut juga dapat membantu memberikan referensi bagi para wanita muslimah untuk mempermudah dalam memilih gamis yang ingin digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *