5 Macam Jenis Kain Untuk Membuat Goodie Bag 

membuat-goodie-bag

Goodie bag adalah tas yang sering didapatkan dalam berbagai acara tertentu, seperti acara pernikahan atau bahkan seminar. Biasanya goodie bag pun tidak akan langsung diberikan begitu saja ke para pengunjung, melainkan diisi terlebih dahulu dengan barang yang sudah disediakan oleh si pemilik acara. Berikut 5 macam jenis kain untuk membuat goodie bag agar lebih berkesan sebagai sebuah cinderamata atau kenang-kenangan.

1. KAIN KANVAS

jenis-jenis kain kanvas yang sering digunakan adalah : 

  • kanvas calico

kanvas calico adalah salah satu jenis kanvas yang sangat tipis dibandingkan dengan jenis bahan kanvas yang lain

  • kanvas marsoto

kanvas marsoto adalah jenis kanvas yang tebal dan tidak mudah sobek. Pada kain ini terdapat bintik-bintik di permukaanya yang memiliki tekstur hampir mirip dengan tekstur kain cordura.

  • kanvas terpal

kanvas terpal masuk ke dalam jenis kanvas yang tebal, tahan dengan suhu yang tinggi, kuat, dan tidak mudah sobek.

  • kanvas suede

kanvas suede merupakan jenis kanvas yang memiliki lapisan agak berbulu di bagian atasnya, yang memiliki kesan tipis saat dipegang.

Selain keempat jenis kain diatas, terdapat juga beberapa bahan goodie bag yang memiliki nama baby canvas. Bahan jenis ini sangat cocok untuk pembuatan tas tangan berkualitas tinggi dikarenakan memiliki tekstur kain yang lebih lembut, halus dan tidak memiliki kekakuan yang setara seperti kanvas yang biasa di cat.

2. DENIM

Kain denim sebenarnya masih masuk kedalam jenis kanvas dikarenakan selain kuat, kain denim terlihat lebih casual dan sekaligus terlihat lebih elegan dibandingkan dengan kain jenis lainnya. Sebagai bahan yang populer, kain denim ini memiliki beberapa fitur yang menonjol diantaranya : 

  1. kain denim memiliki performa yang kuat dan cukup tebal
  2. permukaan kain denim memiliki garis-garis diagonal karena terbuat dari tenunan kepar
  3. kain denim awalnya hanya memiliki satu warna, yaitu warna indigo, namun saat ini kain denim memiliki warna yang lebih bervariasi.
  4. denim yang digunakan berulang kali dapat berangsur-angsur luntur dan menghasilkan efek retro yang dapat mempercantik goodie bag
  5. banyak tas denim yang memiliki tampilan yang sangat stylish dan juga modern
  6. bahan yang tebal dan kokoh sama seperti jeans, mudah dicuci dan dibersihkan, dan tahan lama.

3. KAIN DRILL

Kain drill adalah kain yang terbuat dari campuran polyester yang kuat  dan juga katun yang cukup lembut. Jika semakin banyak kadar kapas yang di campurkan ke dalam kain bor maka akan menghasilkan harga kain yang semakin tinggi.

Sebagai tas tangan yang ramah lingkungan, kain berlubang biasanya tidak mudah kusut, tidak mudah luntur dan juga kuat. bahan bor ini memiliki harga yang relatif murah, serta ketersediaan bahan yang melimpah sehingga cocok digunakan untuk bahan membuat goodie bag.

4. KAIN SPUNBOND

Kain spunbond adalah kain yang paling sering digunakan untuk membuat goodie bag. meskipun bahan kain spunbond berasal dari partikel plastik, namun kain jenis ini disebut sebagai kain yang tidak berbahaya dan bisa didaur ulang.

5. KAIN GONI

Goni adalah jenis kain yang populer dan biasa digunakan sebagai bahan koper. Model dari tas goni saat ini sebenarnya sangatlah modis dan beragam, bukan hanya tas tangan, tetapi ada juga tas dan clutch.  

Demikian sedikit pembahasan mengenai 5 macam jenis kain untuk membuat goodie bag. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memilih kain yang pas saat ingin membuat goodie bag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *