Cara Merawat Rompi Agara Tertap Awet Dan Tahan Lama

cara-merawat-rompi

Rompi saat ini termasuk kedalam jenis pakaian yang penting dan tidak boleh terlewatkan. Baik itu rompi safety yang memang wajib digunakan saat bekerja atau bahkan rompi yang biasa digunakan untuk fashion agar membuat penampilan terlihat menjadi lebih keren dan mengesankan.

Rompi adalah pakaian yang memiliki ciri khas tanpa lengan dan biasanya digunakan sebagai outfit luar. Di masa sekarang ini memang rompi sering digunakan dan dibutuhkan oleh sebagian orang. Tapi tak jarang jika masih banyak orang malah justru masih menyepelekan cara untuk merawatnya. Berikut cara merawat rompi milik anda agar tetap awet dan tahan lama. 

1. Segera Bersihkan Rompi Saat Sudah Selesai Menggunakannya

Biasakan segera membersihkan seluruh barang-barang milik anda ketika anda sudah selesai menggunakannya, begitu juga dengan rompi. Jika rompi milik anda terkena noda maka segera bersihkan noda tersebut sebelum susah untuk dihilangkan. 

Jika rompi yang anda gunakan masuk kedalam rompi jenis fashion, maka anda bisa langsung membersihkannya dengan cara mengucek rompi tersebut secara perlahan pada bagian yang terkena noda. 

Namun jika rompi yang anda gunakan termasuk kedalam jenis rompi safety, biasanya, dalam area konstruksi ada banyak debu dan kotoran yang menempel.Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya menggunakan kain basah.

Langsung membersihkan rompi yang telah anda gunakan termasuk kedalam cara merawat rompi agar tetap awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak.

2. Jangan Merendam Rompi Terlalu lama Saat Anda Sedang Mencucinya

Jangan rendam rompi milik anda terlalu lama, hal tersebut dapat membuat warna kain rompi menjadi pudar. Anda cukup merendam rompi tersebut selama 15 menit, sementara itu anda juga harus memperhatikan penggunaan deterjen sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.

Perhatikan seberapa banyak takaran deterjen yang bisa anda gunakan, yang biasanya tertera pada label kemasan. Merendam rompi dengan cara yang baik dan benar dapat membuat kotoran pada rompi milik anda menghilang dan serat kain tetap terjaga.

Setelah merendam rompi tersebut langkah selanjutnya adalah mengucek rompi tersebut dengan lembut dan perlahan  yang bertujuan, untuk menghilangkan noda dan kotoran yang ada pada rompi.

3. Bilas Dan Keringkan Rompi  Dengan Cara Yang Baik Dan Benar

Setelah anda selesai mengucek rompi tersebut, maka, ada baiknya jika anda membilas rompi anda hingga bersih, dan pastikan tidak ada lagi busa atau deterjen yang masih menempel pada serat kain rompi milik anda. Setelah anda membilas rompi milik anda, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengeringkan rompi tersebut.

Anda tidak perlu memeras rompi milik anda, atau mengeringkannya menggunakan mesin cuci karena dapat merusak serat kain milik anda. Anda bisa langsung mengeringkannya dibawah sinar matahari langsung yang tidak terik. Saat proses penjemuran ini sebaiknya anda menjemurnya menggunakan hanger agar tidak kusut dan cepat kering.

Setelah rompi miliki anda sudah kering, sebaiknya anda segera mengangkat rompi tersebut agar warna rompi tidak memudar akibat sinar matahari langsung.

4. Menyimpan Rompi Ditempat Yang Kering Dan Bersih

Setelah semua cara di atas sudah anda lakukan, anda bisa menyimpan rompi milik anda di dalam lemari yang kering dan bersih. Jika bahan dari rompi anda dapat disetrika, sebaiknya anda menyetrika rompi tersebut menggunakan suhu yang tidak terlalu panas. 

Sebaiknya anda memeriksa label pada pakaian anda terlebih dahulu sebelum menyetrika, apakah kain tersebut sensitif terhadap panas atau tidak.

Demikian artikel mengenai cara merawat rompi agar tetap awet dan tahan lama, semoga artikel ini dapat menjadi panduan anda untuk merawat rompi dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *