Mengetahui Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos

sablon-terbaik-untuk-kaos

Semua pakaian pasti memiliki jenis yang berbeda-beda, begitu juga dengan kaos. Kaos memiliki banyak jenis, bentuk, warna, dan juga type. Tipe kaos pun masih terbagi menjadi lebih banyak lagi, diantaranya adalah kaos sablon. Kaos sablon adalah kaos yang memiliki desain gambar di atasnya yang kemudian dicetak menggunakan tinta sablon.

Pada artikel kali ini metrobalikpapan akan membahas tentang mengetahui jenis sablon terbaik untuk kaos. Yang mungkin akan membantu anda dalam menentukan jenis sablon terbaik untuk kaos anda.

1. SABLON PIGMEN

Sablon pigmen adalah salah satu jenis sablon terbaik untuk kaos yang paling sering digunakan saat ini. Teknik ini sangat cocok untuk digunakan pada kaos yang berwarna terang, hal ini karena tinta pada sablon pigmen sangat mudah menyerap kedalam serat kain.

Namun sablon pigmen ini memiliki kekurangan yaitu, tidak bisa digunakan pada kaos yang memiliki warna gelap. Biasanya warna tinta pada sablon pigmen akan kalah dengan warna gelap dari kain itu sendiri.

2. SABLON RUBBER

Sablon rubber juga sering disebut dengan istilah sablon karet. Hal ini terjadi karena sablon kaos jenis ini mempunyai sifat alami yang bisa menutupi serat kain yang timbul dan memiliki hasil jauh lebih elastis seperti karet. Kepekatan tinta pada sablon rubber sangat cocok digunakan untuk penyablonan kain yang berwarna gelap.

Penggunaan sablon jenis ini tidak hanya sebagai sablon utama, tetapi juga bisa digunakan sebagai teknik penyablonan dasar sebelum menggunakan sablon jenis lainnya. Kelebihan dari sablon rubber adalah memiliki tinta yang cenderung lebih awet dan tahan lama serta bisa disetrika.

3. SABLON PLASTISOL

Sablon plastisol adalah jenis sablon manual yang terbuat dari tinta minyak atau PVC yang membuatnya memiliki daya rekat yang paling kuat dibandingkan dengan jenis tinta pada sablon lainnya.

Sablon plastisol memiliki harga yang cukup mahal namun sebanding dengan kualitasnya. Perlu kalian ketahui hasil penyablonan menggunakan sablon plastisol bisa kering jika berada pada suhu di bawah 160 derajat celsius. Oleh sebab itu, anda memerlukan alat bantu khusus untuk mengeringkan sablon jenis plastisol ini.

4. SABLON SUPER WHITE

Sablon super white merupakan salah satu sablon terbaik untuk kaos yang menjadi pilihan utama industri konveksi saat ini. Sablon superwhite ini memiliki sifat dasar yang hampir sama dengan sablon rubber, yakni dapat menembus serat kain. 

Meskipun sama tetapi kedua jenis sablon tersebut tetap masih memiliki perbedaan, sablon super white memiliki tinta yang jauh lebih transparan dan biasanya tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu white dan colour. Sablon jenis super white ini juga masih tetap bisa digunakan pada kain yang berwarna gelap.

5. SABLON FLOCKING

Sablon flocking adalah jenis sablon yang proses penyablonannya membutuhkan beberapa bahan tambahan yang lainnya diantaranya adalah beludru sebagai bahan lapisan. Penggunaan tambahan bahan ini juga bertujuan untuk membentuk permukaan yang timbul dan diletakkan di perekat tertentu. 

Sablon jenis flocking ini tersedia dalam dua macam, yaitu lembaran dan bubuk. untuk mengerjakan teknik penyablonan flocking dibutuhkan alat presser agar sablon dapat merekat lebih kuat dan sempurna.

Demikian sedikit pembahasan yang mungkin dapat membantu anda dalam mengetahui jenis sablon terbaik untuk kaos, agar anda dapat menghasilkan hasil sablon yang memuaskan dan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *