Cara Merawat Jaket Blouson Dengan Benar

merawat-jaket-blouson

Jaket blouson adalah salah satu pakaian yang sering dipilih karena gayanya yang klasik dan serbaguna. Namun, untuk memastikan jaket tersebut tetap terlihat bagus dan tahan lama, penting untuk merawatnya dengan benar. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara yang dapat anda lakukan untuk merawat jaket blouson anda dengan benar.

1. Pahami Jenis Bahan Jaket Anda

Langkah pertama untuk merawat jaket blouson dengan benar adalah dengan memahami jenis bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Beberapa jaket blouson terbuat dari bahan sintetis seperti nilon atau polyester, sementara yang lainnya terbuat dari bahan alami seperti kulit atau katun. Setiap jenis bahan memiliki instruktur perawatan yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa label perawatan yang tertera pada jaket anda.

2. Ikuti Petunjuk Pencucian 

Saat mencuci jaket blouson milik anda, sebaiknya anda memeriksa label yang ada pada jaket ( jika ada ) dan mengikuti instruksi pencucian yang tertera pada label perawatan tersebut. 

Jika jaket bisa dicuci menggunakan mesin maka, gunakan siklus pencucian yang lembut dan gunakan air yang dingin serta pilih deterjen yang ramah dengan lingkungan. Jika perlu, gunakan tas jaring untuk menjaga jaket agar tetap terlindungi selama proses pencucian.

Jika jaket tidak bisa dicuci menggunakan mesin dan harus menggunakan tangan ( manual ) maka, rendam jaket dalam air dingin dengan sedikit deterjen yang lembut. Hindari penggunaan pemutih atau bahan kimia keras lainnya yang dapat merusak bahan jaket milik anda.

3. Hindari Penggunaan Mesin

Meskipun memang nyaman, pengeringan jaket blouson dengan mesin pengering dapat merusak bahan dan bentuknya. Sebaiknya anda mengeringkan jaket blouson secara alami yaitu, dengan cara menggantungnya di tempat yang teduh. Pastikan untuk menghindari sinar matahari langsung yang dapat memudarkan warna pada jaket milik anda.

4. Hindari Penggunaan Setrika 

Menghindari penggunaan setrika pada jaket blouson termasuk kedalam cara merawat jaket blouson dengan benar yang harus kamu praktikkan. Jika anda menyetrika jaket blouson secara langsung, maka, hal tersebut akan merusak bahan dari jaket blouson yang anda setrika, terutama jika jaket terbuat dari bahan yang sensitif terhadap panas seperti nilon atau polyester. Jika perlu, gunakan setrika dengan suhu rendah dan letakkan kain tebal diatas jaket sebelum menyetrikanya.

5. Penanganan Noda Dengan Cermat 

Jika jaket blouson anda terkena noda maka, segera bersihkan noda tersebut sebelum noda tersebut menempel secara permanen. Gunakan bahan pembersih yang sesuai dengan jenis bahan jaket anda, dan hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak serat bahan dari jaket blouson milik anda.

Selain itu anda juga bisa menggunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan noda ringan yang ada pada jaket yang anda punya.

6. Simpan dengan Tepat

Untuk menjaga jaket blouson tetap dalam kondisi yang baik, maka simpanlah jaket blouson milik anda dengan tepat. Hindari menyimpan jaket dalam plastik atau kantong serat yang tidak bernapas, karena dapat menyebabkan bau yang tidak sedap atau bahkan jamur. Sebaiknya, gantung jaket di gantungan baju yang cukup lebar untuk menjaga bentuk dari jaket milik anda. 

Kesimpulan

Merawat jaket blouson dengan benar adalah kunci untuk memperpanjang umur pakaian dan menjaga  penampilannya agar tetap bagus. Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan yang tepat, anda dapat menikmati jaket kesayangan anda dalam waktu yang lama tanpa khawatir akan kerusakan atau penurunan kualitas dari jaket tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *