Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Fashion Style?

fashion-style

Di era modern seperti saat ini, fashion telah menjadi  hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari masyarakat kelas atas , hingga masyarakat kelas bawah. Mereka terbiasa peduli dengan fashion style, bahkan ketika berpergian semua orang tidak  bisa lepas untuk tidak memperhatikan fashion yang mereka kenakan.

ARTI FASHION STYLE

Fashion berasal dari istilah bahasa Latin yaitu ‘factio’. Kemudian dalam bahasa inggris berubah menjadi ‘fashion’.Secara umum, fashion bisa diartikan sebagai gaya berbusana yang populer dan diadaptasi oleh suatu budaya. Dimulai dari gaya berpakaian seseorang dalam keseharian atau bahkan ketika seseorang menghadiri acara tertentu.

Jika membicarakan  mode dan fashion kita selalu berfokus pada gaya berpakaian, namun arti fashion sebenarnya jauh lebih luas lagi. Yaitu bisa diartikan sebagai gaya hidup seseorang yang ditunjukkan dengan bagaimana mereka memakai baju, sepatu, tas, aksesoris, atau bahkan tatanan model rambut dan make up yang digunakannya.

MANFAAT DAN FUNGSI FASHION

Fashion tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar seseorang akan pakaian saja. Tetapi lebih dari itu, fashion juga memiliki fungsi dan manfaat lainnya. Berikut fungsi dan manfaatnya

1. SEBAGAI IDENTITAS DIRI

Fungsi fashion yang pertama adalah sebagai identitas diri. Gaya berpakaian seseorang mengekspresikan identitas diri dari orang tersebut. Mulai dari karakter, kepribadian, hingga ciri khas pemakainya dapat dilihat dari gaya pakaian yang orang tersebut gunakan.

2. SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI

Fashion tidak hanya sekedar pelindung tubuh, tapi fashion juga dapat digunakan sebagai salah satu bentuk komunikasi. Dimana komunikasi yang dimaksud tentu saja merupakan jenis komunikasi nonverbal.Baik pengguna maupun perancang busana dapat mengekspresikan perasaan ataupun pesan tersirat melewati pakaian kepada orang yang melihat. 

Dengan fashion, orang dapat menilai bagaimana tentang si pemakai. Seperti pepatah Jawa yang mengatakan ‘ajining raga saka busana’. Yang memiliki arti ‘orang akan dinilai dari bagaimana cara dia berpakaian’. Jadi, orang akan berkesimpulan tentang siapa kita ketika melihat apa yang kita kenakan.

3. MENJADI SUMBER DAYA TARIK

Fashion menjadi sumber daya tarik yang juga dapat mendongkrak rasa percaya diri dari si pemakai. Padu padan yang sesuai antara fashion item yang digunakan oleh seseorang akan menjadi daya tarik tersendiri sekaligus memperbaiki kekurangan yang mungkin dimilikinya.

Fashion style juga dapat dikatakan sebagai identitas suatu pola berulang yang berkembang dari zaman sebelumnya. Maksudnya, fashion style adalah tren yang berkembang sesuai zaman dan sifatnya berulang mengikuti tahun-tahun lalu yang sudah terlewatkan.

4. SEBAGAI SUMBER KEBAHAGIAAN

Selain sebagai sumber daya tarik, fashion juga dapat menjadi sumber kebahagiaan. Orang yang tampil percaya diri dengan apa yang orang itu pakai dan lebih semangat dalam beraktivitas. Hal ini juga bisa berdampak pada psikologis karena dapat menumbuhkan kebahagiaan dalam diri si pemakai,dan dapat menularkan kebahagiaan kepada orang-orang yang berada disekitarnya.

5. SEBAGAI PENANDA KELAS SOSIAL

Fashion juga dijadikan menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat kelas sosial dari pemakainya. Banyak orang yang menggunakan pakaian tidak hanya ingin mendapatkan nilai gunanya saja. Tapi juga ingin memperlihatkan citra diri, serta nilai tertentu yang ingin dicapai dengan menggunakan pakaian tersebut.

Demikianlah pembahasan kami mengenai fashion style. Serta beberapa fungsi dan manfaat yang ada dari fashion style yang dapat kami berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *