Tips-tips Bikin Seragam Kantor

bikin-seragam-kantor

Seragam adalah pakaian yang digunakan oleh sekelompok orang di sebuah organisasi, instansi atau perusahaan, komunitas atau kelompok yang lainnya.Seragam adalah pakaian dengan desain dan warna yang sama dengan tujuan sebagai identitas dan memudahkan untuk melakukan aktivitas kelompok tersebut.

Biasanya suatu organisasi atau komunitas menggunakan seragam ketika mereka melakukan kegiatan yang memerlukan identitas diri misalnya saat melakukan bakti sosial, touring, event atau pakaian wajib bagi karyawan yang bekerja di perusahaan.Berikut tips-tips bikin seragam kantor yang perlu diperhatikan.

Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Seragam Kantor

1. Faktor estetika

Faktor estetika lebih mengarah pada tampilan visual sebuah seragam. Dalam desain seragam kerja kantor, misalnya, ada beberapa faktor estetika yang menentukan dan mempengaruhi tampilan seragam tersebut. Faktor ini meliputi keindahan bentuk, keserasian paduan warna yang melekat pada seragam, hingga tampilan yang bernilai sensoris kualitatif yang dapat dirasakan secara visual.

2. Faktor teknis dan mutu pakaian seragam.

Jika faktor estetika lebih kepada tampilan visual, faktor teknis dan mutu lebih mengarah pada kenyamanan.Mutu atau kualitas adalah sifat-sifat yang dimiliki suatu benda, dalam hal ini seragam yang secara keseluruhan memberikan rasa puas kepada penggunanya. Hal itu karena mutu yang dirasakan telah memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi yang diinginkan.

Pakaian seragam merupakan produk tekstil, sehingga mutunya tidak terlepas dari kualitas kain dan garmen. Mutu ini meliputi kesesuaian warna, kekuatan bahan, ketahanan luntur warna, elastisitas bahan, dan lainnya.Pengukuran mutu kain tekstil pun meliputi beberapa parameter, sebagai berikut::

  • Komposisi serat
  • Kesesuaian warna kain
  • Konstruksi kain
  • Perubahan dimensi setelah pencucian
  • Kekuatan tarik kain
  • Ketahanan luntur warna, dan lain-lain.

Sementara itu, mutu garmen dapat diukur melalui parameter berikut :

  • Ukuran
  • Bentuk kerutan jahitan setelah pencucian berulang
  • Kekuatan jahitan sambung, dan lain-lain.

Memilih Desain Seragam Kerja Kantor

Berikut Ini adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk rujukan ketika kamu bikin seragam kantor dalam memilih desain. Kamu bisa menerapkan tips di bawah ini agar lebih mudah dalam memastikan layak-tidaknya seragam yang akan kamu desain.

1. MODEL SIMPEL TAPI BERKESAN

Melihat pada faktor estetika, desain sebuah seragam kerja sejatinya tidak memerlukan model yang rumit. Cukup memberikan model yang simpel, tapi memberikan kesan dan meningkatkan citra positif perusahaan atau instansi tempat kerja.

Jangan menggunakan model yang rumit saat kamu bikin seragam kantor. Bukan memberikan kesan elegan, tapi malah justru terlalu banyak model membuat pakaian menjadi tidak disukai. Kamu bisa mengkombinasikan model dengan warna yang sesuai.

Dalam penentuan model dan warna, hindari penggunaan warna yang terlalu banyak gunakan dua sampai tiga warna saja. Jika motif dan warna terlalu banyak, seragam yang dikenakan justru akan terkesan norak dan sebaiknya kamu menghindari hal tersebut. Sebagai solusi, sesuaikan komposisi motif dan warna sehingga menjadikan seragam kantor tampak lebih elegan.

2. Mengandung makna dan pesan

Seragam tidak dibuat dengan serta merta tanpa ada makna yang terkandung di dalamnya. Makna dan pesan yang terkandung pada sebuah seragam juga harus sesuai dengan tempat bekerja, sehingga secara tidak langsung akan menambah semangat kerja dan rasa percaya diri bagi yang orang mengenakannya.

Contohnya adalah seragam yang digunakan oleh kantor perbankan. Desain yang dibuat harus memberikan kesan elegan dengan warna yang melambangkan simbol perusahaan tersebut.

3. Memilih bahan dengan kualitas terbaik

Seragam kerja merupakan pakaian yang akan kamu  gunakan dalam jangka waktu cukup panjang. Selain itu, Kamu juga akan mengenakannya rata-rata delapan jam dalam satu hari.Meskipun memiliki pakaian pengganti, proses mencuci, mengeringkan, hingga menyetrika seringkali mempengaruhi penyusutan bahan seragam. Sudah seharusnya perusahaan memilih bahan dengan mutu terbaik untuk para pekerjanya.

4. Menyesuaikan ukuran seragam

Menyesuaikan ukuran seragam adalah hal penting yang harus diperhatikan saat kamu bikin seragam kantor.Ada baiknya kamu menanyakan ukuran seragam karyawan masing-masing sehingga terlihat pas dan sesuai saat digunakan. Kamu bisa meminta contoh dari pihak konveksi terkait ukuran untuk menjadi bahan acuan agar ukuran seragam kerja kantor lebih akurat.

Bagian Penting Seragam Kerja Kantor

1. Kerah

Beberapa tipe kerah antara lain : 

  • pointed collar
  • spread collar
  • button down collar
  • pin & tab collar

2.Lengan

3.Badan Depan Dan Belakang

Demikian pembahasan mengenai tips-tips bikin seragam kantor, dan beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika akan mempersiapkan seragam kantor bagi para pekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *