Cara Mengetahui perbedaan Gamis Dan Abaya

perbedaan-gamis-dan-abaya

Pakaian memiliki jenis dan tipe yang berbeda-beda, begitu juga dengan pakaian-pakaian wanita yang ada. Khususnya, pakaian untuk para wanita muslimah, jenis-jenis pakaian wanita muslimah ada banyak sekali diantaranya adalah gamis dan abaya. Berikut cara mengetahui perbedaan gamis dan abaya.

  • Gamis

Kata gamis berasal dari bahasa arab yaitu  “qomish”, yang memiliki arti pakaian terusan dari atas sampai bawah (pertengahan betis atau mata kaki). Dalam bahasa indonesia kata “qomish” diserap menjadi “gamis” dan mengalami pergeseran makna. 

Dalam KBBI gamis memiliki arti kemeja, hal ini merujuk pada pakaian ala pakistan, pakaian yang dimaksud adalah kemeja yang panjangnya sampai ke paha atau lebih sedikit. Sedangkan pakaian yang disebut dengan “qomish” adalah jubah, gamis merupakan gaun panjang yang bentuknya tidak terlalu lebar, ada yang berbentuk lurus dan kadang mempunyai lekukan di bagian pinggang dan pergelangan tangan.

  • kain yang biasanya digunakan untuk gamis

Gamis tentunya memiliki jenis kain yang berbeda-beda, berikut 20 jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan-bahan dasar gamis :  

  1. Kain Jersey
  2. Kain Katun Jepang
  3. Kain Katun IMA
  4. Kain Katun Madinah
  5. Kain Katun Supernova
  6. Kain Katun Combed atau Kain Kaos
  7. Kain Katun Linen
  8. Kain Crepe
  9. Kain Bubble crepe
  10. Kain Inma Premium
  11. Kain Maxmara
  12. Kain Brokat
  13. Kain Rayon
  14. Kain Baloteli
  15. Kain Wolfis
  16. Kain Satin
  17. Kain Sifon
  18. Kain Ceruti
  19. Kain Wolly Crape
  20. Kain Barbie Crape
  • Abaya

Abaya adalah busana garmen yang berasal dari timur tengah, memiliki bentuk yang sederhana dan mirip seperti jubah. Abaya juga sering disebut dengan sebutan gamis arab, abaya sering dipakai oleh wanita muslim yang berada di belahan dunia. Diantaranya, Afrika utara dan Jazirah arab. Busana tradisional milik wanita indonesia dan malaysia dikenal dengan istilah abaya.

Abaya adalah busana dengan bentuk yang longar sehingga tidak membentuk lekuk tubuh si pemakai. Hal tersebut yang menyebabkan abaya menjadi alternatif bagi para wanita muslimah untuk menutup aurat mereka dengan sempurna. 

Abay pada umumnya identik dengan warna-warna gelap, dan biasanya terdiri dari satu warna. Biasanya abaya juga sering dihiasi oleh manik-manik atau bordir yang sederhana, namun masih banyak orang yang sedikit kesulitan untuk mencari perbedaan gamis dan abaya.

  • Kain yang biasanya digunakan untuk bahan abaya

Sama dengan jenis pakaian yang lainnya abaya juga memiliki berbagai macam jenis kain yang berbeda-beda diantaranya adalah : 

1.Kain Chiffon

2.Kain Georgette

3.Kain Crepe

4.Kain Sutera

 

  • Cara mencuci abaya

Abaya adalah pakaian yang harus diperhatikan secara ekstra terlebih pada proses pencuciannya, berikut cara mencuci abaya dengan benar agar tidak mudah rusak :

  1. Rendam abaya kedalam air yang memiliki suhu ruang selama 10 menit dan gosokkan secara perlahan kepada bagian yang perlu diperhatikan secara ekstra.
  2. Balik bagian dalam abaya agar warna tidak menjadi pudar.
  3. Cuci abaya berwarna dan abaya hitam secara terpisah.
  4. Gunakan deterjen yang lembut.

Pada proses pencucian ini hanya disarankan untuk abaya yang polos saja, abaya yang memiliki renda dan sulam sebaiknya hanya dibersihkan kering agar renda dan sulam tidak rusak. 

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai perbedaan gamis dan abaya, semoga dengan adanya artikel ini para wanita muslimah tidak lagi kebingungan untuk mencari perbedaan gamis dan abaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *